HEBITREN adalah simbol sinergi ekonomi pesantren

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan sekaligus menjadi wadah pencetak kader-kader penggerak ekonomi ummat dan memiliki peran strategis dalam menjaga keterkautan antara dunia modern dan keagamaan. Saat ini total Pesantren yang terdaftar di Kementerian agama sudah lebih dari 30.000 dan total santri mencapai 18 Juta, tentu saja data ini belum termasuk alumni. Barangkali jika hendak dihitung dengan total alumni bisa jadi mencapai 100 juta. Hal ini menegaskan bahwa peranan pesantren dalam kehidupan masyarakat tidak bisa dipandang sebelah mata. Kehadiran insan-insan-insan berwasasan luas dan berakhlak mulia akan sangat menguntungkan bagi bangsa dan negara. Karena bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, tentunya sebuah bangsa besar tidak dapat melepaskan diri dari sisi religiusitas yang ada dari masyarakat sebagaimana yang disebutkan dalam Sila Pertama Ketuhanan yang Maha Esa. Karena religiusitas merupakan faktor yang akan membentuk karakter manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari khususnya dalam menjalankan roda sebuah pemerintahan, tentunya faktor religiustitas sangat penting untuk mewujudkan sosok pemimpina yang amanah, shiddiq dan juga fathonah. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berketuhanan sehingga salah satu perwujudan dari menjaga spirit religiustitas di Indonesia adalah kehadiran Pondok Pesantren yang secara Istiqomah mengajarkan ilmu agama.

Pondok Pesantren yang jumlahnya puluhan ribu di Indonesia tentunya membutuhkan stimulant agar dapat terus bertahan di tengah era globalisasi saat ini. Pesantren saat ini tidak hanya bisa berfokus pada bidang pendidikan saja melainkan harus memiliki kemampuan dalam mengelola ekonomi dan bsinis untuk kesejahteraan pesantren maupun ummat pada umumnya. Oleh karena itu pada tahun 2019 kami beserta perwakilan 110 Pondok Pesantren dari seluruh Indonesia telah bersekapat untuk mendirikan sebuah wadah untuk mermpersatukan kepentingan ekonomi dan bisnis antar pondok pesantren agar dapat sama-sama mewujudkan kesejahteraan baik dari internal pesantren maupun untuk ummat. Pembentukan HEBITREN ini tidak terlepas dari peranan Bank Indonesia yang telah berkomitmen memberikan fasilitas dan menjembatani pesantren dengan pemangku kepentingan sehingga HEBITEN ini bisa dilaunching secara resmi pada hari ini. Sebagai bentuk dukungan nyata dari Bank Indonesia terhadap pesantren yaitu BI telah memberikan bantuan infrastuktur seperti yang sudah berlangsung di HEBITREN Jawa Barat berupa pembangunan 10 Green House untuk mendukung pertanian berbasis teknolgi, selain itu melalui HEBITREN Jawa Timur dengan memberikan bantuan berupa pembangunan 3 Distribution Center untuk menampung dan menditribusikan produk anggotra HEBITREN Jawa Timur. Tentunya kami semua optimis perjalanan HEBITREN kedepannya akan sangat mudah dengan adanya dukungan dari Pemerintah maupun pihak-pihak strategis lainnya.

Alhamdulilah Wa Syukrillah… setelah melewati perjuangan panjang bersama para formatur dengan support penuh dari Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS)  Bank Indonesia, struktur  kelembagaan HEBITREN sudah lengkap dan telah disepakati pada 30 Juli 2020 yang lalu. Sungguh  besar harapan kami keberadaan HEBITREN ini akan memberikan manfaat bagi unit bisnis masing-masing pesantren. Pesantren yang saat ini berhasil mandiri secara ekonomi melalui HEBITREN memiliki tanggungjawab untuk berbagi ilmu dan mengajak pesantren lainnya untuk ikut mandiri. Selain itu melalui hebitren seluruh pondok pesantren diberikan kesempatan untuk bekerjasama secara ekonomi maupun bisnis agar dapat memberikan dampak yang besar untuk pesantren masing-masing dan khususnya Ummat.

 Besar harapam kami HEBITREN bukan hanya menjadi wadah untuk kepentingan ekonomi dan bisnis saja, namun menjadi wadah silaturahim dan bentuk kontribusi pondok pesantren dalam menjaga marwah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena sejarah telah mencatat bahwa para santri juga turut berjuang bersama para pahlawan dalam meraih kemerdakaan. Sehingga dengan menyatukan seluruh pondok pesantren dalam wadah bernama HEBITREN tentunya hal ini menjadi bentuk penyatuan semangat religiusitas dan nasionalisme para pondok pesantren untuk menjaga bangsa Indonesia terkhususnya dari sisi perekonomian.

Kami berpesan kepada seluruh Pondok Pesantren di Indonesia bahwa, saat ini kita tidak perlu lagi takut untuk maju, saat ini kita tidak perlu lagi mengeluh akan kondisi keuangan pesantren, mari kita sama-sama bersinergi dalam wadah HEBITREN untuk menjadikan selutuh pesantren di Indonesia mandiri secara finansial, mandiri secara ekonomi, mandiri secara bisnis. Kami mengudnang seluruh Pondok Pesantren untuk bergabung berama melalui wadah HEBITREN yang ada di masing-masing wilayah.

Seperti sebuah analogi sebatang kayu kecil tentunya akan sangat mudah dipatahkan, dibandingkan dengan 10 atau seratus potong kayu yang Bersatu tentunya akan sangat sulit untuk dipatahkan. Mari kita semua berhimpun bersama dalam HEBITREN semoga apa yang kita cita-citakan dapat berjalan lancar. Selain itu kami mengharapkan doa dan dukungan dari semua pihak, semoga ikhtiar kita untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren dapat terwujudkan melalui wadah HEBITREN.

Jayalah Pondok Pesantren, dari santri untuk negeri.

sumber : Pidato Ketua Umum HEBITREN pada saat Launching Perdana HEBITREN 7 Agustus 2020

Published by HEBITREN INDONESIA

HEBITREN merupakan sebuah wadah untuk mengakselerasi ekonomi dan bisnis pondok pesantren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: